Kamis, 12 Juli 2012

Naskah Drama Malin Kundang


MALIN KUDANG

Pada jaman dahulu kala,di sebuah desa yang bernama sumber agung, terdapat seorang janda miskin dengan seorang anaknya. Janda tersebut bernama Mariyem, dan anaknya bernama Malin Kudang.
MK                  :  “Mak, tadi bapak guru Malin nagih tunggakan SPP malin yang belum kebayar 3 bulan .gimana mak, jika malin gk mau bayar, malin bakal dikeluarin”.
Ibu                   :  “Nak, emak belum punya duit. Kita saja makannya pas – passan gini. Bahkan kadang kurang. Nak, dengan berat hati, bagaimana jika kamu berhenti sekolah dulu?”
MK                  :  “gk, pokoknya Malin gk mau. Malin pilih mati daripada harus berhenti sekolah!”
Ibu                   : “jangan nak, baiklah, bagaimana jika emak merantau saja? Agar kamu dapat tetep sekolah?”
MK                  :  “Merantau kemana mak? “
Ibu                   :  “ya kemana – mana gitu, ke korea kek, taiwan, pa hongkong gitu”
MK                  :  “tapi emak janji ya mak, mak nanti kembali, mak juga gak akan lupain malin!”
Ibu                   :  “ya, mak janji”

Ibu malinpun merantau ke negeri orang. Beberapa bulan kemudian, uang hasil merantau terus menerus terkirim lewat pos. Namun setelah 7 tahun berlalu, Ibu malin tak ada kabarnya sedikitpun. Uang terkirim juga tak menentu.surat terakgir juga hanya berisi agar malin tak usah merindukan ibunya. Malin semakin bingung, kini Malin juga sudah mempunyai seorang istri. Setiap hari Istrinya selalu menanyakan dimana mertuanya.
Suatu hari, terdapat berita, saudagar kaya dai korea pun terkena kolera dan mau mencari obat di Indonesia. Malin dan ostrinyapun berharap kalau itu afalah ibunya.
Dari kejauhan, malin melihat seorang wanita mirip ibunya. Makin lama. Malin semakin yakin kalau itu benar – benar ibunya. Malinpun berteriak – teriak memanggil ibunya....
MK                  :  “mak.......mak...................,mak.............................
Ibunya tetap tak menghiraukannya.
Mk                   :  mak.......mak...................,mak.............................ini Malin mak, ini malin, malin kangennnnnnnnnnnnnnnnnnnndddddddddddd banget ma emak’’.
Ibu                   : “BTW, siapa loe?”
MK                  :  “ini Malin mak, malin,, malin kudang, yang dulu ibuk selalu kudang – kudang gitu”
Ibu                   :  “sorry don’t worry strobery, gw g kenal loe”
MK                  :  “mak, ini fatimah, menantu emak”
Menanti        :  “iya mak, ini Fatimah, istrinya abang Malin”
Ibu                   :  “siapalagi nih, guae g knal”
ANK TIRI        :  “Siapa ini mah?”
Ibu                   :  “gk tau nak, orgil kalik. Masak aku ini dipanggil emak?”
Malin              :  “emak mariyem”
Ibu                   :  “mariyem? Siapa? My name is mariya”
MK                  :  “mak kejam, emak udah g mau akui Malin sebagai anak emak lagi. Mentang – mentang emak udah punya suami baru, anak baru, mentang – mentang emak sudah kaya. Malin benci emak. Malin bisa – bisa laporin emak kepada KOMisi perlindungan anak. Malin ditelantarin .........................kejammm, sungguh terlalu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
Ibu                   : “emanggua peduli pa?”
MK                  :  “kita putus, malin kutuk emak jadi batu!”

Tiba- tiba langit menjadi mendung, kutukan malinpun menjadi nyata. Emak malinpun berubah menjadi batu.
PROSESI PENGUTUKAN
Petugas pebgutukan memasuki lapangan pengutukan.
Petugas pengutukan meninggalkan lapangan pengutukan.

tidakkkkkkkkkkkkEmak malinpun menangis...........................
ibu                   :  nak maafin emak...................nakk...nak....
mk                   :  tapi emak janji akan kembali sepertidulu
ibu                   :  iya,,,,,,,,,,,,,,,,,,emak janji,,,,,,,,,,,,,,,,,emak akan kembali seperti dulu.

Akhirnya suasana menjadi terang kembali. Emak malinpun berubah menjadi manusia.

Prosesi pengembalian
Petugas pengembalian pengutukan memasuki lapangan
Petugas pengembalian pengutukan kembali ketempat

MK                  :  emakkkkkkkkkkkkk
Ibu                   : malinnnnnnnnnnnnnnnn, maafin emak............
Mk                   : iya mak,,,,,,,maafin malin yang juga kasar – kasar sama emak.

Akhirnya mariya yang kembali menjadi mariyempun memutuskan untuk bercerai dengan suaminya yang ada di korea. Anak tiri mariyem juga dikembalikan pada ayahnya. Malinpun dan ibunya kembalibahagia..........................................
                        


2 komentar:

  1. koplaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak............

    BalasHapus
  2. Hahahahaha...!!! Serius, ini lucu..!!

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini